Cara Hapus Virus di Android Untuk Selamanya

Menggunakan smartphone dengan berbagai fasilitas dan kemudahan tentunya akan sangat membantu Anda. Akan tetapi, setiap sesuatu yang memiliki kelebihan, sudah dapat dipastikan akan memiliki ancaman dan resiko tersendiri. Salah satu contoh ancaman serius untuk smartphone adalah serangan malware dan virus.

Serangan malware dan virus ini bisa saja berasal dari aplikasi-aplikasi yang tidak diinstal dari Google Play Store, maupun dari kegiatan browsing di internet. Virus-virus ini bisa saja membahayakan data pribadi dan data penting yang Anda simpan di smartphone. Namun, ada beberapa cara hapus virus di Android untuk selamanya. Berikut beberapa kumpulan metode-metodenya.


Cara Hapus Virus di Android hingga Benar-benar Bersih

Tidak mengizinkan instalasi lewat pihak ketiga
Salah satu proses preventif yang paling disarankan untuk menjaga smartphone Android Anda dari virus adalah membatasi instalasi lewat pihak ketiga. Maksudnya, Anda harus memastikan bahwa pada pengaturan aplikasi – instalasi pihak tidak diketahui (Unknown Installation Sources). Hal ini memastikan arus virus untuk masuk ke smartphone sangat dibatasi, karena instalasi file apk sangat ketat dimonitor oleh Google.

Selalu Memeriksa Permission Access setiap sebelum Install Aplikasi
Masih dengan langkah pencegahan, selalu pastikan untuk memeriksa Permission Access sebelum memasang aplikasi dari manapun. Jika sekiranya terdapat hak akses yang menyimpang dari fungsi dari aplikasi sesungguhnya, sangat disarankan untuk mengurungkan niat memasang aplikasi tersebut.

Menghapus aplikasi yang terindikasi  terserang virus
Cara hapus virus di Android ini bisa Anda lakukan jika mulai terjadi beberapa keanehan pada smartphone Anda. Langkah yang paling pas untuk dilakukan adalah menghapus aplikasi yang sekiranya rusak dan tidak bisa diakses. Caranya, mula-mula masuk ke safe mode pada Android Anda. Kemudian, periksa aplikasi yang Anda curigai di safe mode dan hapuslah aplikasi tersebut. Setelah itu, pastikan juga untuk menghapus hak akses administrator kepada aplikasi yang tadi Anda curigai. Setelah selesai, keluarlah dari safe mode dengan cara me-reeboot smartphone Anda.

Selalu membersihkan File Sampah
Selalu membersihkan file sampah sebenarnya merupakan langkah penyelesaian untuk membersihkan virus dari Android Anda. Hal ini dilakukan agar file-file sisa dari aplikasi yang mencurigakan dan menjangkiti virus ini hilang dan benar-benar sudah terhapus dari smartphone Anda. Jika langkah ini tidak dilakukan, maka file sisa virus tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan virus tersebut datang lagi. Untuk membersihkan file sampah ini, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Ccleaner atau CM Cleaner.

Memasang aplikasi anti virus
Kini sudah tersedia berbagai aplikasi di Google Play Store yang berjenis anti-virus. Aplikasi-aplikasi ini nantinya akan berguna untuk melindungi smartphone Anda dari serangan virus. Terlebih, Anda juga bisa menghapus virus tersebut menggunakan aplikasi anti-virus ini. Contoh aplikasi anti virus yang sampai saat ini banyak digunakan oleh orang-orang adalah 360 Security for Android, AVG, dan ESET.

Reset Android
Jika kerusakan berlanjut menjadi lebih parah tidak ada salahnya Anda melakukan cara hapus virus di Android yang satu ini. Langkah ini merupakan langkah pamungkas jika beberapa cara sebelumnya belum mampu menghapus virus dari Android Anda. Reset atau kembali ke pengaturan pabrik memberikan peluang untuk mengembalikan smartphone Anda menjadi layaknya baru saja membelinya. Efek samping dari melakukan reset Android adalah hilangnya data yang Anda simpan pada memori internal telepon.

Itulah beberapa cara hapus virus di Android untuk selamanya. Ingat agar selalu berhati-hati dalam melakukan setiap langkahnya. Selain itu, pastikan Anda selalu mencadangkan file-file penting pada media lain atau pada penyimpanan Cloud untuk memastikan keamanan data-data Anda pada smartphone. Bagaimana, sudah siap memerangi virus pada smartphone Anda?