Berbagai Cara Mendeteksi Virus di HP Dengan Mudah

Perkembangan dunia teknologi tidak selalu memberikan dampak yang baik. Selain dibuatnya aplikasi-aplikasi yang berguna dan memudahkan pekerjaan manusia. Akan tetapi, tidak dipungkiri terdapat beberapa pihak yang kurang bertanggung jawab menyalah gunakan ilmunya untuk membuat program yang mengancam pengguna lainnya. Program tersebut sering disebut dengan virus. Untuk itu, diperlukan cara mendeteksi virus di hp agar pemilik hp bisa melakukan langkah pencegahan.

Pendeteksian dini terhadap virus yang terdapat pada smartphone ini akan sangat berguna. Hal ini dikarenakan pengguna smartphone bisa langsung memilih cara penghapusan virus berdasarkan gejala yang ditimbulkan oleh virus terhadap smartphone Anda. Ulasan berikut membahas mengenai gejala ketika smartphone Anda mulai terserang virus.


Cara Mendeteksi Virus di HP 

Smartphone Mati Sendiri
Aktivitas abnormal yang sering terjadi ketika smartphone mulai terinfeksi virus biasanya smartphone mati sendiri. Biasanya virus yang menginfeksi smartphone hingga mati sendiri ini sudah mempengaruhi kinerja RAM dan sumber tenaga. Umumnya cara kerja virus tersebut adalah menambah task dan aplikasi yang hanya berguna untuk menambah daya muat hp sehingga. Daya muat yang melebihi kapasitas akan menjadikan smartphone mati sendiri karena RAM tidak kuat melakukan tugas di luar kemampuannya.

Smartphone Terasa Lambat
Cara mendeteksi virus di hp selanjutnya adalah dengan adanya gejala smartphone lagging. Maksudnya, smartphone terasa lambat dan jalannya beberapa aplikasi terasa macet dan lambat. Oleh karenanya, kinerja aplikasi akan menjadi terganggu dan sulit berjalan sebagaimana mestinya. Gejala ini perlu diwaspadai karena biasanya beberapa virus telah menginfeksi smartphone Anda.

Daya Baterai Mudah Habis
Ciri yang mudah ditemui apabila smartphone telah terjangkit malware atau virus adalah baterai drop. Maksudnya, daya baterai cepat sekali menurun meskipun tidak digunakan secara intens. Bahkan, gangguan tak jarang terjadi ketika mengisi ulang daya baterai smartphone. Meski waktu mengisi ulang sudah lama, akan tetapi penambahan daya sangat sedikit. Bahkan bisa jadi daya tidak terdeteksi masuk untuk mengisi ulang daya smartphone tersebut. Jika Anda menemui ciri ini, bisa jadi smartphone Anda terinfeksi oleh virus.

Penggunaan Kuota Berlebih
Penggunaan kuota yang berlebih juga bisa menjadi indikasi bahwa smartphone Anda terinfeksi oleh virus dan malware. Padahal Anda tidak merasa menggunakan data sebegitu banyak. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh virus atau malware yang tengah menggunakan kuota data Anda tanpa sepengetahuan Anda. Dengan cara mendeteksi virus di hp ini, Anda bisa dengan mudah menemukan kemungkinan bahwa program jahat sedang merasuki smartphone Anda.

Terdapat File atau Aplikasi Aneh
Gejala lain yang sering ditemui apabila smartphone tengah dijangkiti virus atau malware adalah ditemukannya file atau aplikasi yang tidak dikenali. Biasanya file atau aplikasi yang Anda tidak merasa mendownload akan tetapi aplikasi ini sudah terinstal secara tiba-tiba pada smartphone Anda. Selain aplikasi, biasanya juga terdapat file-file yang bernama aneh dan mencurigakan. Hal ini bisa jadi sebuah virus telah memproduksi file-file tersebut dengan tujuan memenuhi storage Anda. Dengan penuhnya storage, maka smartphone Anda akan menjadi lebih lambat sehingga kinerja aplikasi lainnya menjadi kurang optimal.

Itulah beberapa cara mendeteksi virus di hp dengan mudah. Langkah-langkah tersebut merupakan langkah yang paling umum yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah pada smartphone Anda terdapat suatu program jahat atau tidak. Sangat penting untuk menginstal aplikasi anti-virus guna fungsi proteksi pada smartphone Anda. Sudah memastikan smartphone Anda bebas dari virus sekarang?